Sabtu, 10 November 2007

Pengalamanku Guruku











Rumah tetanggaku dan sepeda motorku yang ikutan mejeng



Assalamu’alaykum Wr. Wb

Coba-coba bikin Blog, mudahan bisa ya… habis gak ada yang ngajarin, coba-coba sendiri siapa tau bisa. Yah sebenernya bagusnya beberapa hal ilmu itu dipelajari secara otodidak aja, gak pake ada yang ngajarin, selain ngirit ongkos untuk bayar sang guru, pastinya ilmu yang didapat akan lebih melekat dalam diri kita dan terus berkembang dengan seiring waktu apabila terus ditekuni. Hmm….., terus terang aja kalo aku sih dari sekian pengalaman, hal-hal yang aku pelajari sendiri biasanya lebih melekat dan terus berkembang, semakin sering ditekuni, semakin penasaran saja dengan hal-hal baru yang baru aku temui, selanjutnya semakin sering mencoba semakin seru dan semakin enak bisa ini itu ( Iyasih… awalnya emang Try and Error gitu).

Ngomongin Try and Error… aku jadi ingat waktu pertama kali aku harus pegang barang yang namanya Komputer… dulu sering banget bikin rusak komputer mbak-mbak di kos waktu harus ngerjain tugas yang di beri dosen atau yang di beri si ketua Pusdima (ceritanya aktivis… ngikut kepanitiaan kegiatan kampus gituh!).

Bisa dibilang aku dulu gatek emang iya. Dulu waktu SMA aku memang ada pelajaran Komputer, tapi komputer jadul yang masih pake disket yang lebar and tipis itu loh… Waktu itu guruku ngajarinnya banyak teorinya, prakteknya sebenernya juga banyak sih, tapi tetep aja gak ngemet. Siapa yang salah ya…? Guruku yang gak bisa ngajarin atau aku yang ‘dodol’ ? atau…. Sistem pendidikannya yang salah…? Walah… sistem pendidikan lagi yang disalahin. Yah hari gini kalo masih seneng nyalah-nyalahin, pastinya masalah sulit juga selesainya. Tapi ada juga sih masalah yang selesai gara-gara ada pihak yang terus di salah-salahin tapi masalahnya selesai juga (padahal nggak juga sih), seperti jalanan di tempat ku berada yang katanya jalan-jalan sama sekali gak sensitiv gender, bolong-bolong sampe-sampe banyak ibu-ibu muda yang keguguran or bayi-bayi yang lahir sebelum waktunya aliyas prematur. So…, Gara-gara banyak didemo baik oleh warga setempat maupun mahasiswa, ya akhirnya di aspal juga. Tapi gak lama kemudian hujan, banjir, bolong lagi tuh jalanan. Jadi siapa yang salah dunk…? Walikotanya..? Jalanannya? Hujannya..? atau masyarakatnya yang tidak memelihara fasilitas umum..? Trus kalo walikotanya bilang “wah ntar itu kalo di aspal lagi ya bolong lagi dan begitu seterusnya” , lah jadi gimana dunk masa’ sich masalah dibiarin terus berputar-putar gitu trus, yah…kalo kata Aming… “cape deeh…”

So, mestinya kita belajar dari pengalaman, yaks… pengalamanlah yang mengajarkan kita untuk terus memperbaiki diri. Belajar dari pengalaman kalo ditekuni terus di satu bidang pastinya seru loh… tak hanya seru, lebih mantap dan pastinya bermanfaat untuk orang lain. Seperti aku, belajar komputer secara atodidak walaupun awalnya salah-salah, sekarang sudah bisa ngajarin komputer adek2, (adek-adek tingkat, adek tetangga, adek-adek di jalan… dll). Maunya yang punya wewenang untuk ngaspal jalanan begitu ya, belajar dari pengalaman, biar jalanannya gak bolong-bolong mulu’. Pastinya semua harus berangkat dari hati nurani yang bersih, sebenernya kita hidup ini mau ngapain sih, mencari kenikmatan sesaat, atau kenikmatan sejati yang tak pernah habis-habisnya hingga hari akhir nanti. Orang-orang yang ikhlas (berharap kenikmatan sejati) pastinya ingin dirinya menjadi bermanfaat bagi orang lain, tentunya lagi-lagi dengan ikhlas. Yuks…., terus belajar dari pengalaman dan Ikhlas…

Wassalamu’alaykum Wr. Wb